Mata Kuliah
|
:
|
Metode
Pengembangan Fisik & Motorik AUD
|
Tatap Muka Ke-
|
:
|
3
|
Materi
|
:
|
Tujuan dan fungsi
program pengembangan fisik motorik anak
|
Dosen Pengampu
|
:
|
Robik Anwar Dani,
M.Psi
|
A.
Tujuan Program Pengembangan Fisik Motorik
Tujuan pengembangan fisik motorik anak usia dini adalah untuk
memperkenalkan dan melatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan
kemampuan mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi, serta
meningkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga dapat
menunjang pertumbuhan jasmani yang sehat, kuat dan terampil.
B.
Fungsi Program Pengembangan Fisik Motorik
Fungsi pengembangan fisik motorik anak usia dini adalah sebagai berikut:
1.
Melatih kelenturan dan koordinasi otot jari
dan tangan.
2.
Memacu pertumbuhan dan pengembangan
fisik/motorik, rohani, dan kesehatan anak.
3.
Membentuk, membangun, dan memperkuat tubuh
anak.
4.
Melatih keterampilan/ketangkasan gerak dan
berfikir anak.
5.
Meningkatkan perkembangan emosional anak.
6.
Meningkatkan perkembangan sosial anak.
7.
Menumbuhkan perasaan menyenangi dan memahami
manfaat kesehatan pribadi.
C.
Aspek Pengembangan Fisik Motorik
Pengembangan kemampuan fisik motorik terdiri dari:
1.
Sejumlah kemampuan persepsi motorik yang akan
dikembangkan termasuk di dalamnya koordinasi mata-tangan atau kaki-tangan (eye-hand
eye-foot coordination) seperti menggambar, menulis, memanipulasi obyek,
visual track, melempar, menangkap, dan menendang.
2.
Kemampuan gerakan motorik (locomotor skill)
seperti menggerakkan tubuh melalui ruang, berjalan, melompat, berbaris,
berlari, meloncat, berlari cepat, berguling, merangkak, bergerak dengan pelan.
3.
Keterampilan gerak statis (non locomotor
skill) seperti diam di tempat, bergiliran, berputar, menjangkau, bergoyang,
berjongkok, duduk, dan berdiri;
4.
Manejemen atau pengendalian tubuh (body
management and control) seperti kesadaran tubuh, kesadaran ruang, ritme,
keseimbangan dan kemampuan untuk memulai, berhenti dan mengubah arah.
D.
Karakteristik Perkembangan Fisik Motorik
1.
Motorik Kasar
Karakteristik
perkembangan yang berhubungan dengan motorik kasar antara lain:
a.
Berdiri diatas salah satu kaki selama 5-10
detik.
b.
Menaiki dan menuruni tangga dengan berpegangan
dan berganti-ganti kaki.
c.
Berjalan pada garis lurus.
d.
Berjalan dengan berjinjit sejauh 3 meter.
e.
Berjalan mundur dan melompat di tempat.
f.
Melompat ke depan dengan dua kaki sebanyak 4
kali.
g.
Bermain dengan bola (menendang dengan
mengayunkan kaki ke belakang dan ke depan, menangkap bola yang melambung dengan
mendekapnya ke dada, dan mendorong).
h.
Menarik dan mengendarai sepeda roda tiga atau
mainan beroda lainnya.
i.
Dapat melakukan permainan dengan ketangkasan
dan kelincahan seperti menggunakan papan luncur.
2.
Motorik Halus
Karakteristik
perkembangan yang berhubungan dengan motorik kasar yakni:
a.
Dapat mengoles mentega pada roti.
b.
Dapat mengikat tali sepatu sendiri dengan
sedikit bantuan.
c.
Dapat membentuk dengan menggunakan tanah liat
atau plastisin.
d.
Membangun menara yang terdiri dari 5-9 balok.
e.
Memegang kertas dengan satu tangan dan mengguntingnya.
f.
Menggambar kepala dan wajah tanpa badan.
g.
Meniru melipat kertas satu-dua kali lipatan.
h.
Mewarnai gambar sesukanya.
Materi di atas dapat didownload di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar