Senin, 06 Februari 2017

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN GERAK


Mata Kuliah
:
Metode Pengembangan Fisik & Motorik AUD
Tatap Muka Ke-
:
5
Materi
:
Dasar perkembangan fisik motorik anak (perkembangan kemampuan gerak)
Dosen Pengampu
:
Robik Anwar Dani, M.Psi


PERKEMBANGAN KEMAMPUAN GERAK

A.    Tahapan Perkembangan Motorik Anak Usia 0-1 Tahun
1.    Usia 0-3 bulan
a.    Hingga memasuki usia 1 bulan, bayi hanya bisa melakukan gerak refleks (gerakan alami diluar kesadaran bayi). Seperti refleks hisas, refleks gengam, refleks leher, rooting reflex.
b.    Pada bayi bulan ke 2 dan ke 3, gerakan refleks mulai menghilang. Hilangnya gerakan refles ini akan di ganti tahap demi tahap munculnya gerak motorik kasar. Bayi bisa menatap,tersenyum,dan bersuara, juga bayi mulai berusaha mengangkat kepala jika bayi tengkurap.

2.    Usia 4-6 bulan
a.    Bermain dengan kedua tangan dan memasukannya kedalam mulutnya.
b.    Tertawa, bergurau.
c.    Tengkurap.
d.    Menggulingkan badan.
e.    Berusaha meraih dan menyentuh mainan.
f.      Bertopang pada kedua tangan.
g.    Memindahkan mainan dari satu tangan ketangan lain.
h.    Menoleh mencari datangnya suara
3.    Usia 7-9 bulan
a.    Membalikan badan.
b.    Bermain dengan tangan dan kaki.
c.    Mulai senang mengoceh.
d.    Belajar duduk.
e.    Memperhatikan gerak-gerik orang lain.
f.      Merangkak dan merayap.
g.    Dapat berdiri tegak bila dipegang.
h.    Bermain Ciluk Ba!
4.    Usia 10-12 bulan
a.    Berayun pada tangan dan lutut.
b.    Merangkak dengan cepat.
c.    Belajar berdiri sambil berpegangan.
d.    Menjepit benda dengan kedua jari tangan.
e.    Belajar berjalan kesamping atau merambat dengan berpegangan.
f.      Bisa berjalan sendiri.

B.   Tahapan Perkembangan Motorik Anak Usia 1-2 Tahun
1.    Perkembangan motorik anak usia 1-2 tahun secara umum:
a.    Susunan tumbuh dan berubah secara cepat.
b.    Timbulnya gerakan refleks.
c.    Penurunan tangisan.
d.    Meningkatnya kemampuan untuk bergerak, dimulai dari menggeliat-geliat, kemudian menggelinding, merayap, merambat cepat, dan kemudian berjalan.
e.    Meningkatnya kemampuan untuk mengkoordinasi motorik halus tangan dan mata.
f.      Meningkatnya kemampuan "bantuan diri".
2.    Perkembangan motorik kasar
a.    Merangkak.
b.    Berdiri dan berjalan beberapa langkah.
c.    Berjalan cepat.
d.    Cepat-cepat duduk agar tidak jatuh.
e.    Merangkak di tangga.
f.      Berdiri di kursi tanpa pegangan.
g.    Menarik dan mendorong benda-benda berat.
h.    Melempar
3.    Perkembangan motorik halus
a.    Mengambil benda kecil dengan ibu jari atau telunjuk.
b.    Membuka 2-3 halaman buku secara bersamaan.
c.    Menyusun menara dari balok.
d.    Memindahkan air dari gelas ke gelas lain.
e.    Belajar memakai kaus kaki sendiri.
f.      Menyalakan TV dan bermain remote.
g.    Belajar mengupas pisang.
h.    Mulai mampu berjalan dan mengeksplorasi lingkungan rumah serta keliling rumah.
i.      Dapat mengatakan 5-10 kata.
j.      Memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing
4.    Peranan orangtua
a.    Menyediakan pilihan yang tepat dalam menyediakan pengalaman-pengalaman indoor maupun outdoor yang dapat membantu anak untuk melatih perkembangan motorik halus dan motorik kasar mereka.
b.    Tidak menekan anak untuk melebihi batas kemampuan. Bebaskan anak untuk mencoba setiap tahap perkembangan motorik secara menyeluruh.
c.    Berikan perhatian pada setiap keterlambatan perkembangan yang membutuhkan campur tangan profesional.

C.   Tahapan Perkembangan Motorik Anak Usia 2-3 Tahun
1.    Secara umum anak mampu
a.    Memakai pakaian.
b.    Membawa benda kecil dengan mudah.
c.    Memungut benda kecil dengan mudah.
d.    Menggunakan ganggan pintu dengan tepat.
e.    Jalan menaiki tangga.
f.      Menendang bola.
g.    Bicara dengan baik dengan mengunakan 2 kata.
h.    Dapat menunjukkan satu atau lebih dari tubuhnya.
i.      Makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah.
j.      Melepas pakaian sendiri
2.    Motorik halus
a.    Memotong dan Menempel.
1)    Memotong kertas.
2)    Memotong dengan gunting.
3)    Memegang kertas dan gunting dengan dengan benar (menggunting dengan 2 tangan).
b.    Kebutuhan diri sendiri
1)    Makan dengan sendok.
2)    Minum dari secangkir gelas.
3)    Melepas pakaian dengan hal yang paling mudah.
c.    Mengekspresi benda grafis.
1)    Mencorat coret sesuai dengan keinginan.
2)    Membuat garis atau lingkaran.
3)    Berusaha membuat huruf kapital secara sederhana dengan meniru.
3.    Motorik kasar
a.    Berjalan à Dapat berjalan dengan 2 kaki ke atas tangga.
b.    Berlari à Berlari dengan berbelok-belok dan dapat berhenti dengan cepat.
c.    Melompat à Melompat dan berpijak menggunakan 2 kakinya.
d.    Memanjat à Mampu memanjat ke atas dengan peralatan meskipun tidak dapat turun kebawah.

D.   Tahapan Perkembangan Motorik Anak Usia 3-4 Tahun
1.    Tahap perkembangan motorik kasar
a.    Berjalan
Bejalan dengan mengayunkanan tangan, berjalan dengan menggunakan satu kaki secara bergantian, dan berjalan menuruni tangga dengan dua kaki dalam tiap langkah. Berdiri di atas salah satu kaki selama 5-10 detik, Berdiri di atas kaki lainnya selama beberapa saat.
b.    Berlari
Berlari dengan pelan, lebih mampu mengontrol memulai berjalan dan berhenti, Berlari berputar-putar tanpa kendala.
c.    Melompat
Melompat dengan kedua kaki atau melompati benda, melompat ke depan dengan dua kaki 4 kali, melompat dengan salah satu kaki 5 kali, melompat dengan sebelah kaki lainnya dalam satu lompatan.
d.    Memanjat
Memanjat dan menuruni tangga, meluncur, dan memanjat pohon.

2.    Tahapan perkembangan motorik halus
a.    General
Membuka pintu, membangun menara, menghantam, berguling, membentuk, dan  membuka halaman buku.
b.    Targeting
Merangkai manik-manik, menyusun puzzle dengan gambar benda utuh atau hanya bagian tertentu saja (misalnya ekor anjing).
c.    Cut And Paste
Mengoles lem pada bidang tempel, menggunakan jari telunjuk atau kuas untuk meratakan lem, masih agak kesulita dalam menggunakan gunting.
d.    Self Help
Menuangkan cairan ke dalam botol dengan hati-hati, bisa memakai baju namun masih membutuhkan bantuan dalam mengancingkan kacing baju maupun resleting, dan makan sendiri.
e.    Graphic Tools
Mencoba memegang pensil untuk menulis, membuat lingkaran, membuat garis tegak dan mendatar, membuat persegi dengan bentuk yang belum beraturan.

E.    Tahapan Perkembangan Motorik Anak Usia 4-5 Tahun
1.    Secara umum perkembangan anak usia 4-5 tahun meliputi:
a.    Tahap Jalan
1)    Mondar mandir.
2)    Jalan berputar-putar.
3)    Lompat dengan satu kaki.
b.    Tahap Lari
1)    Lari cepat.
2)    Belok pada tikungan.
3)    Memulai dan mengakhiri lari dengan mudah.
c.    Tahap Lompat
1)    Melompat ke atas.
2)    Melompat ke bawah.
3)    Melompat ke depan.
d.    Tahap Memanjat
1)    Memanjat.
2)    Naik turun tangga.
3)    Bermain di pohon.

2.    Ciri-ciri khusus anak usia 4 tahun
a.    Berdiri di atas satu kaki selama 10 detik.
b.    Berjalan maju dalam satu garis lurus dengan tumit dan ibu jari sejauh 6 kaki.
c.    Berjalan mundur dengan ibu jari ke tumit.
d.    Lomba lari.
e.    Melompat ke depan 10 kali.
f.      Melompat kebelakang sekali.
g.    Berguling ke depan.
h.    Menendang secara terkoordinasi ke belakang dan ke depan dengan kaki terayun dan tangan mengayun kea rah berlawanan secara bersamaan.
i.      Dengan dua tangan menangkap bola yang dilemparkan dari jarak 3 kaki.
j.      Melempar bola kecil dengan kedua tangan ke pada seseorang yang berjarak 4-6 kaki darinya.
k.     Membangun menara setinggi 11 kotak.
l.      Menggambar sesuatu yang berarti bagi anak tersebut. Dapat dikenali orang lain.
m.   Mempergunakan gerakan-gerakan jemari selama permainan jari.
n.    Menjiplak gambar kotak.
o.    Menulis beberapa huruf.
3.    Ciri-ciri khusus anak usia 5 tahun
a.    Berdiri di atas kaki yang lainnya selama 10 detik.
b.    Berjalan di atas besi keseimbangan ke depan, ke belakang dan ke samping.
c.    Melompat ke belakang dengan dua kali berturut-turut.
d.    Melompat dua meter dengan salah satu kaki.
e.    Mengambil satu atau dua langkah yang teratur sebelum menendang bola.
f.      Menangkap bola tennis dengan kedua tangan.
g.    Melempar bola dengan memutar badan dan melangkah ke depan.
h.    Mengayun tanpa bantuan.
i.      Menangkap dengan mantap.
j.      Menulis nama depan.
k.     Membangun menara setinggi 12 kotak.
l.      Mewarnai dengan garis-garis.
m.   Memegang pensil dengan benar antara ibu jari dan 2 jari.
n.    Menggambar orang beserta rambut dan hidung.
o.    Menjiplak persegi panjang dan segi tiga.
p.    Memotong bentuk-bentuk sederhana.

F.    Tahapan Perkembangan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun
1.    Kemampuan Motorik Kasar
a.    Berjalan à Berjalan seolah orang dewasa  melompat dengan satu kaki secara bergantian.
b.    Berlari à Menunjukkan kematangan berlari, jarang terjatuh, memperlihatkan kecepatan yang semakin bertambah dan dapat mengendalikan.
c.    Melompat à Lompatan panjang, tinggi, dan jauh.
d.    Memanjat à Menunjukkan kematangan memanjat seperti cara orang dewasa.
2.    Kemampuan Motorik Halus
a.    Secara umum à menunjukkan kemampuan ketelitian  dan dapat mengontrol, melakukan sedikit kesalahan.
b.    Secara khusus
1)    Dapat mengurus diri sendiri antara lain makan, berpakaian, mandi dan menyisir rambut,mencuci tangan dan dapat mengikat tali sepatu sendiri.
2)    Dapat membuat bentuk dengan menggunakan tanah liat plastisin seperti kue dan cacing.
3)    Meniru membuat garis tegak, datar dan lingkaran.
4)    Meniru melipat garis sederhana.
5)    Menggambar orang terdiri dari dua bagian (badan dan kepala).
6)    Meniru melipat kertas sederhana.
7)    Belajar menggunting.
8)    Menyusun menara kubus.

Materi di atas dapat didownload di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar