Rabu, 05 Februari 2014

Teori, Asumsi, Postulat, Prinsip, Hukum

A.    Teori
Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. Secara umum, teori merupakan analisis hubungan antara fakta yang satu dengan fakta yang lain pada sekumpulan fakta-fakta. Teori berbeda dengan teorema, pernyataan teori umumnya hanya diterima secara "sementara" dan bukan merupakan pernyataan akhir yang konklusif. Hal ini mengindikasikan bahwa teori berasal dari penarikan kesimpulan yang memiliki potensi kesalahan, berbeda dengan penarikan kesimpulan pada pembuktian matematika.
Contoh:
Salah satu teori tentang lupa adalah Decay Theory (Atropi), teori ini beranggapan bahwa memori menjadi semakin aus dengan berlalunya waktu bila tidak pernah diulang kembali (rehearsal). Informasi yang disimpan dalam memori akan meninggalkan jejak-jejak (memory trace) yang bila dalam jangka waktu lama tidak ditimbulkan kembali dalam alam kesadaran, akan rusak atau menghilang.

B.     Asumsi
Asumsi merupakan pernyataan yang kebenarannya dapat diuji secara empiris.
Contoh:
Ilmu psikologi memiliki beberapa asumsi tentang jiwa manusia. Aliran behaviorisme menganalisa jiwa manusia berdasarkan perilaku yang tampak. Aliran psikoanalisa memandang manusia sebagai makhluk yang lebih dikuasai alam bawah sadarnya. Aliran humanis memandang manusia berdasarkan kebutuhan (needs) untuk mengaktualisasikan dirinya.

C.    Postulat
Postulat adalah asumsi dasar yang kebenarannya dapat kita terima tanpa ada sebuah pembuktian. Dalam bahasa Inggris: postulate. Bahasa latinnya postulatum, dari postulare yang artinya meminta, menuntut.
Istilah ini biasanya digunakan untuk menunjukkan proposisi-proposisi yang merupakan titik tolak pencarian yang bukan definisi, atau perandaian sementara, tidak juga sedemikian pasti sehingga mereka diangkat sebagai aksioma. Proposisi-proposisi itu ditentukan sebagai benar, dan digunakan tanpa pembuktian, jadi postulat salah satu kelompok istlah-istilah yang saling berkaitan, termasuk definisi, asumsi, hipotesis, dan aksioma.
Contoh:
Manusia merupakan postulat dari psikologi. Hal itu dikarenakan yang menjadi objek kajian psikologi adalah manusia itu sendiri.

D.    Prinsip
Prinsip adalah pernyataan yang bersifat umum dan benar untuk sekelompok gejala tertentu yang dapat menjelaskan kejadian yang terjadi. Prinsip merupakan suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang atau kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak. Sebuah prinsip merupakan roh dari sebuah perkembangan ataupun perubahan dan merupakan akumulasi dari pengalaman ataupun pemaknaan oleh sebuah obyek atau subyek tertentu.
Contoh:
Prinsip-Prinsip Perkembangan Manusia:
1.      Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti (never ending proces)
2.      Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi
3.      Perkembangan itu mengikuti pola arah tertentu
4.      Perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan
5.      Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas
6.      Setiap individu yang normal akan mengalami tahapan atau fase perkembangan

E.     Hukum
Hukum merupakan suatu unsur pengetahuan yang memiliki arti sebuah pernyataan yang menjelaskan hubungan dua variabel atau lebih dalam sebab akibat.
Contoh:

Salah satu hukum perkembangan manusia adalah Hukum Konvergensi. Hukum ini menekankan kepada pengaruh gabungan antara pembawaaan dan lingkungan. Tokoh yang berpendapat demikian adalah Willian Stern yang menyatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan itu adalah hasil pengaruh bersama kedua unsur pembawaan dan lingkungan.

8 komentar:

  1. Judul materinya tentang apa ya kak?

    BalasHapus
  2. definisi Teori, Asumsi, Postulat, Prinsip, Hukum dek

    BalasHapus
  3. Salut! kepada mbak Robik, atau mbak Dani? Semoga, Mbak tetap semangat dan tekun dalam profesi yang membantu orang banyak, khususnya anak-anak di tempat mbak Robik berkarya. (Intermez0: Negeri kita tercinta, NKRI, membutuhkan pegiat muda di berbagai kota untuk mendukung kesempatan yang setara bagi setiap insan Indonesia).
    Salam, SMM

    BalasHapus