Mata Kuliah
|
:
|
Bimbingan dan
Konseling AUD
|
Tatap Muka Ke-
|
:
|
2
|
Materi
|
:
|
Pengertian
bimbingan dan konseling, persamaan dan perbedaan BK, pelatihan dan pengajaran
|
Dosen Pengampu
|
:
|
Robik Anwar Dani,
M.Psi
|
HAKIKAT BIMBINGAN
DAN KONSELING
A.
Definisi Bimbingan dan Konseling
Bimbingan adalah proses layanan yang diberikan kepada individu guna
membantu mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam
membuat pilihan, rencana, dan interpretasi yang diperlukan untuk menyesuaikan
diri degan baik (Smith dalam Daniel, 1959). Menurut Djumhur (1975) bimbingan
merupakan proses bantuan yang terus menerus dan sistematis kepada individu
dalam memecahkan masalah yang dihadapi agar tercapai kemampuan memahami diri,
menerima diri, mengarahkan diri sesuai potensi da kemampuannya dalam mencapai
penyesuaian diri dengan lingkungan, baik sekolah, keluarga maupun masyarakat.
Dapat disimpulkan bimbingan adalah proses pemberian bantuan (secara
psikologis) dari konselor kepada konseli baik secara langsung maupun tidak
langsung, dilakukan secara individu maupun secara kelompok untuk membantu
mengoptimalkan perkembangan individu.
Konseling adalah proses membantu individu mengatasi hambatan-hambatan
perkembangan dirinya serta untuk menyelesaikan permasalahannya agar dapat mencapai
perkembangan optimal.
Perbandingan bimbingan dan konseling
|
|
Bimbingan
|
Konseling
|
Langsung dan tidak langsung
|
Langsung
|
Preventif, kuratif, preservatif
|
Kuratif
|
Individu dan kelompok
|
Individu dan
kelompok
|
Tidak harus konselor
|
Harus konselor
|
Beberapa ahli menyatakan bahwa konseling merupakan inti atau jantung hati
dari kegiatan bimbingan. Ada pula yang menyatakan bahwa konseling merupakan
salah atu jenis layanan bimbingan. Jadi pengertian bimbingan konseling adalah pelayanan
bantuan untuk peserta didik baik individu/kelompok agar mandiri dan berkembang
secara optimal dalam hubungan pribadi, sosial, belajar, karir, melalui berbagai
jenis layanan dan kegiatan pendukung atas dasar norma-norma yang berlaku.
Dengan demikian, setiap bimbingan itu pasti konseling dan setiap konseling
belum tentu bimbingan.
Sedangkan pelatihan adalah proses pendidikan jangka pendek dengan
menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir dengan tujuan untuk
membuat individu yang belum bisa menjadi bisa atau dari individu yang sudah
bisa menjadi lebih mahir dalam suatu kemampuan tertentu.
Pengajaran adalah suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik
untuk memperoleh ilmu pengetahuan atau penguasaan kemahiran dan pembentukan
sikap pada peserta didik.
Materi di atas dapat didownload di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar