Senin, 06 Februari 2017

HAKIKAT BIMBINGAN DAN KONSELING



Mata Kuliah
:
Bimbingan dan Konseling AUD
Tatap Muka Ke-
:
2
Materi
:
Pengertian bimbingan dan konseling, persamaan dan perbedaan BK, pelatihan dan pengajaran
Dosen Pengampu
:
Robik Anwar Dani, M.Psi


HAKIKAT BIMBINGAN DAN KONSELING

A.   Definisi Bimbingan dan Konseling
Bimbingan adalah proses layanan yang diberikan kepada individu guna membantu mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam membuat pilihan, rencana, dan interpretasi yang diperlukan untuk menyesuaikan diri degan baik (Smith dalam Daniel, 1959). Menurut Djumhur (1975) bimbingan merupakan proses bantuan yang terus menerus dan sistematis kepada individu dalam memecahkan masalah yang dihadapi agar tercapai kemampuan memahami diri, menerima diri, mengarahkan diri sesuai potensi da kemampuannya dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan, baik sekolah, keluarga maupun masyarakat.

Dapat disimpulkan bimbingan adalah proses pemberian bantuan (secara psikologis) dari konselor kepada konseli baik secara langsung maupun tidak langsung, dilakukan secara individu maupun secara kelompok untuk membantu mengoptimalkan perkembangan individu.
Konseling adalah proses membantu individu mengatasi hambatan-hambatan perkembangan dirinya serta untuk menyelesaikan permasalahannya agar dapat mencapai perkembangan optimal.
Perbandingan bimbingan dan konseling
Bimbingan
Konseling
Langsung dan tidak langsung
Langsung
Preventif, kuratif, preservatif
Kuratif
Individu dan kelompok
Individu dan kelompok
Tidak harus konselor
Harus konselor

Beberapa ahli menyatakan bahwa konseling merupakan inti atau jantung hati dari kegiatan bimbingan. Ada pula yang menyatakan bahwa konseling merupakan salah atu jenis layanan bimbingan. Jadi pengertian bimbingan konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik baik individu/kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal dalam hubungan pribadi, sosial, belajar, karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung atas dasar norma-norma yang berlaku. Dengan demikian, setiap bimbingan itu pasti konseling dan setiap konseling belum tentu bimbingan.
Sedangkan pelatihan adalah proses pendidikan jangka pendek dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir dengan tujuan untuk membuat individu yang belum bisa menjadi bisa atau dari individu yang sudah bisa menjadi lebih mahir dalam suatu kemampuan tertentu.
Pengajaran adalah suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik untuk memperoleh ilmu pengetahuan atau penguasaan kemahiran dan pembentukan sikap pada peserta didik.

Materi di atas dapat didownload di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar