Minggu, 26 Mei 2013

Roti Maryam

kali ini saya mau berbagi tentang cara membuat roti maryam. kali pertama saya mengenal roti ini adalah ketika saya sedang di stasiun wonokromo. salah satu teman saya membelikannya untuk saya.hehehe...makasiih yaa...lama kelamaan saya mulai suka dengan roti ini, tiap kali ke stasiun saya selalu menyempatkan diri untuk membeli roti maryam sebelum saya naik kereta. tapi sekarang roti maryam kesukaan saya yang biasa saya beli di stasiun jarang ada, bahkan memang sudah tidak ada. karena itu saya jadi jarang makan roti maryam. sampai pada klimaksnya, kebetulan saya bertemu dengan teman saya yang keturunan arab, dia merekomendasikan salah satu toko yang menjual roti maryam mentah pada saya. tanpa pikir panjang lagi, saya menyatroni toko itu. akhirnya..keturutan juga makan roti maryam lagi. kemudian saya berpikir, dari pada beli kenapa tidak saya bikin sendiri saja roti maryam itu, seperti saya bikin cucur yang dulu sempat saya posting disini. akhirnya saya googling apa siih resep roti ini. dari hasil googling saya temukan beberapa resep, kemudian saya menggabungkannya menjadi seperti ini:

Bahan:
- 2 sdm susu kental manis
- 250 gr tepung terigu
- 1/2 sdt garam
- 1 btr telur
- 100 ml minyak goreng
- 100 gr mentega
- 100 ml air

Cara membuat:
1. cair kan 50 gr mentega dengan 2 sdm susu kental manis dengan 100 ml air.
2. tuang campuran cairan itu kedalam wadah yang berisi tepung terigu
3. masukkan juga telur yang dikocok lepas dan garam.
4. uleni adonan sampai tercampur rata dan kalis.
5. diamkan adonan selama 30 menit (dapat dimasukkan kedalam lemari es).
6. bagi rata adonan menjadi beberapa bagian sama besar dan celupkan ke minyak goreng.
7. pipihkan dan lebarkan adonan, olesi dengan mentega lalu gulung memanjang bolak balik.
8. gulung lagi menjadi bentuk melingkar seperti ini:
9. tekan adonan sampai tipis atau sesuai selera seperti ini:
10. panaskan teflon dengan sedikit mentega.
11. goreng adonan hingga berwarna kuning kecoklatan.
12. 6 buah roti maryam siap disajikan selagi hangat.
itu tadi resep membuat roti maryam. mudah bukan cara membuatnya. roti maryam juga bisa disimpan dulu di frezzer jika tidak dinikmati langsung. nanti tinggal digoreng lagi. roti ini bisa disajikan dengan kari atau gulai. tapi saya lebih senang menikmatinya dengan susu atau gula halus. ini salah satu kreasi roti maryam pisang susu kreasi saya. selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar