Jumat, 18 Januari 2013

Achievement Motivation Training Part.1

salah satu entri yg mungkin bisa kita sebut "Memori Catatan Akhir Kuliah"..hehe.. iseng-iseng saya ketika mempelajari bahan untuk ujian skripsi terpaut pada buku catatan saya pada waktu smster 1 yg masih unyu-unyu :). lembar demi lembar saya telusuri. wah..trnyata dulu saya lumayan rajin nyatet yaa.. lalu saya temui tulisan ketika Kuliah Perdana. sebenarnya catatan itu tidak akan ada klo waktu itu tidak ada tugas untuk membuat rangkumannya siih..biasa..baru nyatet klo ada tugas..tulisan itu lumayan membuat saya bangga bisa mengarungi lautan ilmu (baca: kuliah) di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. :)

kuliah perdana itu diisi dengan sambutan yang penuh motivasi oleh PR III Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si ~> skrang beliau yg jdi rektornya lho..menggantikan Prof. Dr. H. Imam Suprayogo. berikut sekelumit rangkuman saya yg pada waktu itu smbil trkantuk" krna g tidur semaleman..qiqiqi..

UIN Maliki Malang sebagai universitas islam mempunyai tugas utama yakni mengembangkan keilmuan yang berdasarkan ajaran dan syariat islam. sehingga jika dilihat dari visi, misi maupun tujuannya tentu jauh berbeda dengan universitas lain yang tidak berdasarkan atas dasar tujuan tersebut. UIN Maliki Malang berusaha membentuk mahasiswa menjadi cendekiawan muslim yang ulu albab. maka atas dasar tersebut dirancanglah berbagai kegiatan yang dapat mendukung berhasilnya cita-cita yang diimpikan. mulai dari perkuliahan umum yang menekankan pada keberhasilan akademik. perkuliahan bahasa arab (PKPBA) yang menekankan pada kemahiran berbahasa asing, khususnya bahasa arab. karena bahasa arab adalah kunci utama untuk dapat memahami kandungan al-qur'an dan hadist. tidak hanya perkuliahan umum dan perkuliahan bahasa arab saja yang diterapkan di universitas ini, UIN Maliki Malang juga menerapkan sistem semi pesantren. jadi mahasiswa diwajibkan selama satu tahun untuk tinggal di ma'had sunan ampel al 'ali. hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan pembelajaran spiritual selama 24 jam penuh kepada mahasiswa. dan semua kegiatan tersebut mempunyai tujuan untuk mencetak pejuang-pejuang islam yang intelek, profesional dan ulul albab.

dalam era globalisasi yang penuh dengan kompetisi ini hanya ada 2 pilihan dalam hidup, yakni:

  • siapa yang menang (who to be the winner?)
  • siapa yang kalah (who to be the losser?)
tentunya kita sebagai manusia yang masih berakal normal ingin menjadi pemenangnya. nah..untuk menjadi pemenang ada syaratnya, yaitu:
  • kuasailah ilmu pengetahuan yang telah kita pilih. kita masuk universitas ini pasti sudah menentukan spesifikasi ilmu yang akan kita pelajari. maka dari itu kita harus terus memperdalam ilmu yang kita pilih. dan pasti akan dapat mengantarkan kita menjadi seorang pemenang.
  • kuasailah bahasa arab. kita harus menguasai bahasa arab karena bahasa itu merupakan pintu masuk studi ql-qur'an dan hadist. kuncinya adalah kemauan keras untuk bisa.
  • kuasailah bahasa inggris. selain harus menguasai bahasa arab, kita harus mahir bahasa inggris. karena lebih dari 60% buku pengetahuan di dunia menggunakan bahasa inggris. sehingga untuk menelaah buku pengetahuan kita harus menguasai bahasa inggris.
melihat dari syarat diatas, maka UIN Maliki Malang menetapkan sistem bilingual dalam pembelajarannya. kedua bahasa yang digunakan adalah bahasa arab dan bahasa inggris. nah..sebagai mahasiswa sekaligus mahasantri UIN Maliki Malang yang berintelektual tinggi, kita tidak hanya harus menguasai ilmu sains dan teknologi saja, tetapi juga harus menguasai ilmu keagamaan. jadi kita harus berusaha untuk bisa menguasai kedua hal tersebut, karena orang yang berilmu tanpa agama akan buta dan orang yang beragama tanpa ilmu akan binasa.

UIN Maliki Malang menyediakan itu semua. UIN Maliki Malang berusaha membentuk mahasiswanya menjadi mahasiswa yang memiliki:
  • kedalaman spiritual: ditunjukkan dengan bagaimana sholatnya
  • keagungan akhlak: untuk membentuk akhlakul karimah
  • keluasan ilmu: untuk membentuk intelektual islam yang profesional
  • kematangan profesional: keseimbangan antara ilmu dan akhlak
oleh karena itu UIN Maliki Malang menetapkan semboyan berdzikir, berpikir dan beramal sholeh, sehingga UIN Maliki Malang sekarang menjadi universitas islam yang handal.
ini foto2 dulu pas jamannya MABA masih unyu-unyu ^_^ 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar