Selasa, 24 Juli 2012

UNDANGAN

Mei 1994
terilhami oleh pemimpi gunung oriah, tetua kaum amerika asli

aku tak tertarik apa mata pencaharianmu
aku ingin tahu apa yang kau dambakan
dan apakah kau berani mengimpikan bertemu dengan pujaan hatimu

aku tak tertarik berapa usiamu
aku ingin tahu apakah kau mau mengambil resiko terlihat bodoh
demi cinta, demi cita-cita, demi petualangan hidup sepenuhnya

aku tak tertarik planet apa yang menempati bulanmu
aku ingin tahu apakah kau telah menyentuh pusat dukamu sendiri,
jika kau telah dibukakan oleh pengkhianatan hidup
atau telah menjadi layu dan tertutup karena takut disakiti lagi!


aku ingin tahu apakah kau bisa duduk bersama rasa sakit,
sakitmu atau sakitku tanpa mencoba menyembunyikannya
atau memudarkannya atau memperbaikinya

aku ingin tahu apakah kau bisa berada bersama sukacita,
sukaku atau sukamu
jika kau bisa menari dengan alam liar
dan membiarkan keriangan mengisimu hingga ujung jemari kaki
dan tanganmu tanpa mengingatkan kita untuk berhati-hati
bersikap realistis atau mengingat keterbatasan manusia

aku tak tertarik apakah cerita yang kau kisahkan itu benar
aku ingin tahu apakah kau bisa mengecewakan orang lain
agar jujur pada dirimu
jika kau dapat menanggung beban pengkhianatan dan tidak mengkhianati jiwamu sendiri

aku ingin tahu apakah kau bisa setia dan karenanya dapat dipercaya
aku ingin tahu apakah kau dapat melihat keindahan meskipun tidak setiap hari itu elok
dan jika kau dapat menyumberkan hidupmu dari kehadiran Tuhan

aku ingin tahu apakah kau bisa hidup dengan kegagalan
gagalmu gagalku dan tetap berdiri pada sisi danau
dan berteriak kepada bulan keperakan, "YA!"

aku tak tertarik pada tempat tinggalmu
atau seberapa banyak uang yang kau miliki
aku ingin tahu apakah kau bisa bangkit setelah semalam berduka dan merana
lelah babak belur dan melakukan apa yang perlu dilakukan demi anak

aku tak tertarik siapa dirimu atau bagaimana kau tiba disini
aku ingin tahu apakah kau mau berdiri ditengah api bersamaku
dan tidak mundur teratur

aku tidak tertarik dimana atau apa atau dengan siapa kau belajar
aku ingin tahu apa yang menjagamu dari dalam
saat segala hal berjatuhan

aku ingin tahu apakah kau bisa sendirian bersama dirimu
dan apakah kau benar-benar menyukai temanmu disaat-saat hampa

1 komentar:

  1. wew,,, bagus bgt...
    http://ngawion-line.blogspot.com/search/label/Wisata%20Ngawi

    BalasHapus